Kiat Menghadapi SNMPTN

"Gue mau kuliah dimana ya nanti? Galau nih..."
"Aduh, gue mau ngambil jurusan apa ya nanti?"
"Kira-kira, kalo gue pilih PTN anu, bakalan keterima nggak ya?"
"Aduh cyiiin, ekeu mau kuliah atau tetep mangkal ya? Rempong deh cyiiin..."

Yap, akhir-akhir ini gue sering banget denger kalimat-kalimat seperti itu, entah itu di Facebook atau di Twitter. Gue tersadar bahwa saat ini adalah saat siswa-siswi SMA kelas akhir untuk mulai menentukan sekolah lanjutan mereka.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tentu merupakan pilihan utama bagi mayoritas siswa-siswi tersebut. Tetapi, untuk masuk ke PTN tidaklah semudah seperti membersihkan komedo di idung lo. Butuh perjuangan lebih untuk meraihnya. Yap, untuk masuk ke PTN, kita harus melewati seleksi mengerikan yang bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) *jeng-jeng*

Nggak lagi deh ikut SNMPTN -___- (pic from here)


*penggalauan mode: on*

Kenapa gue bilang mengerikan? Ya elo bayangin aja deh, seluruh anak SMA/SMK di Indonesia ikut seleksi ini dan memperebutkan bangku PTN yang daya tampungnya nggak sebanding banget sama pesertanya. Lo yakin bisa ngalahin mereka semua? Emang usaha lo udah maksimal apa selama ini? Terus seandainya lo nggak keterima, lo mau kemana dan gimana? Apa lo mau masuk lewat jalur mandiri? Jalur mandiri daya tampungnya sedikit banget loh. Udah gitu biasanya biaya masuknya lebih mahal. Apa lo mau masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS)? Emang nggak kasian sama orang tua lo harus ngeluarin duit banyak? Lagian, rata-rata PTS kualitasnya di bawah PTN loh *digebukin mahasiswa PTS*. Apa lo mau masuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)? Itu seleksinya susah parah loh. Udah gitu seleksinya bisa sampe lima tahap. Yakin lo keterima? Apa lo mau langsung kerja? Lulusan SMA bukannya susah ya cari kerja? Apa lo mau nganggur dulu setahun, terus nyoba lagi tahun depan? Nggak malu tuh sama temen-temen lo yang udah kuliah? Udah mati aja gih. *eh

Oke, jangan buru-buru minum karbol atau manjat SUTET ya. Stay calm! Oke-oke, kalo lo nggak mau turun dari SUTET itu, seenggaknya lo dengerin dulu penjelasan gue, deal? *apa ini?!*

*penggalauan mode: off*

Sekarang kita akan membayangkan yang enak-enaknya. Bayangkan elo lolos SNMPTN. YA, ELO LOLOS SNMPTN COI! Lo berhasil menggugurkan saingan-saingan elo di seluruh Indonesia. Gue yakin saat itu orang tua lo pasti bakalan bangga banget banget. Bisa aja kan tiba-tiba lu dibeliin hape baru atau wajah baru yang lebih cakep gitu *eh. Lo juga bakalan pede kalo ditanya sama temen-temen lo:

Mr. X: "Coi, elo sekarang kuliah dimane?"
Elo: "Ehem.. Gue kuliah di PTN anu men, hehe"
Mr. X: "Weissss! Mantep juga lo? Selamet yaaah... Gue kira tampang kayak lo cuma cocok jadi tukang es dawet, ternyata lo bisa lebih coi. Hebat!"
Elo: "What the... >.<"

Yap, tingkat kekerenan lo bakalan naek 62,5% (kecuali kalo kadar kedemekkan lo di atas batas normal). Bisa aja setelah lo lolos SNMPTN, yang tadinya lo jomblo tiba-tiba aja lo dapet pacar. Yang tadinya pacar lo jelek, tiba-tiba dia jadi cakep. Yang tadinya pacar lo cakep, tiba-tiba dia mutusin lo. *eh
Guru-guru lo juga pasti bangga banget punya murid kayak lo. Mereka bakalan merasa telah berhasil mendidik kalian dengan baik sehingga mereka nggak jadi dipecat karena keberhasilannya mendidik lo.
Lihatlah! Betapa indahnya seandainya lo lolos SNMPTN.

Terus apa yang harus aku lakukan supaya bisa lolos SNMPTN kakaaaaaaaak?

Oke selow, gue mau kasih elo tips nih, khususnya buat kalian yang kemampuannya biasa aja atau dibawahnya, hmm... kayak gue gini, hehe. Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi gue dan temen-temen gue. Singkat aja yah. Semoga aja masih berlaku buat lo, hihihi.

======================================================

Tips menghadapi SNMPTN

SNMPTN Undangan
Jalur ini merupakan jalur yang paling enak, soalnya diadakannya lebih awal. Terus penilainya cuma berdasarkan nilai rapot dan prestasi lo. Kunci sukses lolos SNMPTN Undangan adalah cerdas memilih dan menempatkan jurusan. Sungguh indah kalo keterima di jalur ini. Maka dari itu, maksimalkanlah dengan baik.

Pada SNMPTN Undangan, lo bisa milih 2 PTN dan 3 jurusan pada masing-masing PTN. Kalo nilai rapot lo dan prestasi lo biasa aja, gue saranin lo ikutin saran gue ini:

1. Pilih PTN yang non-favorit
Biasanya PTN tersebut bukan berada di kota-kota besar. Gue yakin kalian pasti udah ngerti.

2. Pilih jurusan yang non-favorit
Seandainya lo pilih PTN yang favorit, pilihlah jurusan yang non-favorit/peminatnya sedikit.

3. Urutkan jurusan berdasarkan tingkat kefavoritannya dan berdasarkan dengan minat lo.

4. Nomor satukan PTN yang katanya "nggak akan menerima jika ditempatkan pada urutan kedua".

5. Berdoa setiap saat

Kenapa gue nggak saranin PTN dan jurusan yang favorit? Soalnya itu merupakan buruan orang-orang pinter di seluruh Indonesia. Lo yakin bisa saingan sama mereka? Tetapi, kalo lo udah merasa dewa, nilai-nilai rapot lu sempurna dan udah punya banyak piagam prestasi, silahkan aja deh pilih yang favorit-favorit, tapi jangan yang terfavorit juga kali ya. Seperti kata my ex-chairmate gue dulu, "Di atas langit, masih ada langit" - Luky Fadilah, pria botak nan pintar. Silahkan renungkan sendiri.

SNMPTN Tulis
Jalur ini menggunakan sistem ujian tulis. Di sini lo cuma bisa pilih 2 PTN dan 1 jurusan pada masing-masing PTN. Asal lo tau aja, soal-soal SNMPTN Tulis tuh susahnya kebangetan. Dengan memandangnya aja udah bikin gue mual, apalagi jika harus mengerjakannya?
Tuh kan pada frustasi :'( (pic from here)
Tetapi susah bukan berarti tidak bisa kawan. Coba deh lo ikutin saran ini:

1. Untuk hal yang mengenai pilihan PTN dan jurusan, strateginya sama aja kayak SNMPTN Undangan (lihat atas)

2. Latihan soal-soal SNMPTN
Di toko buku banyak kok yang jualan kumpulan-kumpulan soal gitu. Terus elo khatamin deh ntu buku. Kerjain secara rutin dan buat target buku itu bakalan khatam sebelum hari-H.

3. Ikutan bimbel
Kalo lo punya duit dan waktu luang, coba deh ikutan bimbingan belajar gitu. Tapi kalo lo ngerasa nggak mampu buat bimbel ya nggak usah dipaksain. Gue aja yang seumur hidup nggak pernah bimbel bisa lolos SNMPTN, hehe :P

4. Survei tempat ujian
Datanglah ke lokasi ujian H-2 atau H-1. Cari meja yang ada nomor ujian lo. Kalo udah tau lokasinya kan jadi kagak keder pas hari-H nya.

5. Siapkan perlengkapkan ujian
Kartu SNMPTN sama berkas-berkas yang lain jangan sampe ketinggalan. Alat tulis juga harus bawa lebih buat cadangan. Buku-buku hafalan nggak usah dibawalah, berat-beratin aja. Percuma belajar sebelum ujian, nggak akan masuk.

6. Jaga Kesehatan
Sebelum hari-H tiba, jangan makan yang aneh-aneh deh. Terus jangan kebanyakan maen juga. Nightmare banget kan kalo tiba-tiba lo sakit pas hari-H.

7. Berdoa setiap saat

Oh iya, mending ikutin juga tes-tes seleksi PTK/PTS/Poltek tuh. Buat cadangan coi.

Yes, itulah pandangan pribadi gue tentang bagaimana cara menghadapi SNMPTN. Buat adik-adik SMA kelas XII yang baca postingan ini (apalagi komen *eh), kakak doain deh suapaya lolos SNMPTN semua. Dan buat siswi-siswi single, jangan ragu buat merapat ke kakak ya #plak.

Sekian

"Keberuntungan lebih berpihak kepada orang yang mau berusaha", - Mario Teguh, motivator kece

Komentar

  1. Saya nih saya, ngikut bimbel dua tahun, intensif berminggu2 + TO tiap minggu, eeeh SNMPTN Undangan sama tulis nggak lolos dua-duanya. Nyesel tuh U** tidak menerima saya -______________-

    Oiya, satu hal lagi, kata guru les MTK ku di bimbel xxx. Kita harus bisa jaga sikap. Karena lolos atau enggaknya SNMPTN tuh nggak cuma ngandelin otak sob :) Maksud selebihnya dari kata-kata itu, silakan dipikir sendiri.

    Semangat buat yang mau SNMPTN tahun ini :)

    BalasHapus
  2. Tipsnya cocok buat saya yg ngejar snmptn tahun ini karna tahun lalu libur 1thn..haha..
    tapi otak minus gini apa bisa yah? *garuk garuk kepala*
    asal ada niat pasti ada jalan deh, smoga lulus. amin

    makaseh ya atas tipsnya,,

    Mampir ke blog saya

    BalasHapus
  3. numpang nanya dong, kakak masuk IPB lewat jalur apa kak?

    BalasHapus
  4. Aiiiih bikin gw tambah pingin kuliah,,

    =(

    sukses yang mau SNMPTN...

    BalasHapus
  5. SNMPTN undangan tuh mksudnya kya PMDK gtu ya?
    soalnya dlu namanya PMDK he..
    tipsnya oce banget,,mayan buat adek :D

    BalasHapus
  6. ane termasuk beruntung bisa lolos undangan nyehehe

    semenjak itu, gue udah ga pernah nyentuh pelajaran matematika. me gusta :p

    BalasHapus
  7. Beuh... Gue udah pernah ngalamin itu Ujian semuanyah.. mulai dari PMDK IPB, SIMAK UI, UMB, STIS, sampai SNMPTN beuh.. gak ada yang mau nerima gue.. Nyesek banget gak jadi gue? HAH? Udah ikutan rajin bimbel, rajin yasinan #eh #nangisdarah dah. Eh btw, LO jurusan apa di IPB? Pasti yang gak paporit ngyahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wew dukunnya kurang kuat kali *eh
      Ane Teknik Mesin dan Biosistem, emang ga paporit sih, wkwk

      Hapus
  8. kalau inget SNMPTN bikin hati ngenes .. T_T

    BalasHapus
  9. Makasih tipsnya kakak, saya minat bgt ma Teknik Sipil & Lingkungan IPB soalnya, ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑ

    BalasHapus
  10. pengalaman peribadi nih, ngga..
    coba loe ikut snmptn undangan UNDIP jurusan Teknik Informatika. pasti lolos! gue jamin.. coz ada gue di situ. pasti lolos!

    alesan: orang2 gag tau kalo ada teknik informatika di undip. taunya ilmu komputer atau sistem komputer, padahal prospeknya sama ja lho! serius! gue jamin pasti lolos!
    #gila!! gue dibayar berape buat promosi kayak gini ya?

    BalasHapus
  11. kunjungan gan .,.
    Belajarlah untuk bisa menerima sesuatu yang baru.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus

Posting Komentar

Cieee udah selesai ya baca postingannya. Gimana? Ada yang mau disampein nggak? Tunggu apa lagi! Segera komen! :D

Postingan populer dari blog ini

Asal mula nama Holister

Ayo Rekaman di Kamarmu dan Jadilah Artis Soundcloud!

Techno-F 2012: Fateta Emang Bikin Bangga!