Sedikit Fakta Tentang TMB

TMB. Itulah departemen gue di IPB. Tempat gue menimba ilmu dan mengeruk pengalaman yang akan sangat gue perlukan saat memasuki dunia kerja dan wirausaha nanti *yaampun ngomong apa gue barusan?!*.

Abis praktikum di "Taiwan", langsung poto-poto :)


Bagi yang belum tau TMB, KEMANA AJA LO?! HAHAHA!
TMB merupakan kependekan dari Teknik Mesin dan Biosistem yang merupakan departemen tertua di Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Institut Pertanian Bogor. Isi kuliahnya sih ngebahas Mesin-mesin Pertanian, Penanganan Pasca Panen, Pemrograman, dll. Udah 1 semester nih gue berkutat di TMB. Dalam waktu sesingkat itu aja, gue udah mengenali karakter TMB, mulai dari anak-anaknya, dosen-dosennya, cewek-cewek cakepnya, dll. Di tengah Ujian Akhir Semester ini, gue mencoba membahas tentang fakta-fakta unik yang ada di TMB. Penasaran? Ikut gue yuk! :)


1. TMB Mata Kuliahnya Susah-susah?!
Yaelah, TMB? Mata Kuliahnya susah-susah? Hahaha, BENER BANGET!!! :’(. Seperti jurusan-jurusan Teknik lainnya, mata kuliah TMB bener-bener bikin kita vertigo. Inti dari pelajaran TMB sih cuma penerapan Fisika dan Matematika aja. Maka dari itu, kami udah kenyang sama yang namanya cacing-cacing integral, koefisien-koefisien Fisika amsyong, dll. Mata kuliah Semester 3 yang ‘Dewa of the Dewa’ di TMB tuh: Kalkulus II, Instrumentasi & Kontrol, dan Mekanika Fluida.
Kalkulus II

Instrumentasi dan Kontrol

Mekanika Fluida = The Ultimate :')
Beuh lezat banget deh tuh. Hmm... walaupun begitu, gue nggak boleh nyerah menghadapi cobaan hidup ini. Gue sih mikirnya, “Kalo awalnya susah, pasti akhirnya manis :)”.

2. Dosennya Killer-killer?!
Beuh! Fitnah keji dari mana itu?! Masa dosen-dosen TMB dibilang pembunuh?! Mereka tuh nggak Killer, ya cuma ‘tegas’ aja. Misalnya aja, kalo kita terlambat masuk kelas, kita langsung di usir; kalo kita ketawan ngobrol, kita langsung di usir; kalo kita ketawan nonton film bokep tanpa mengecilkan volumenya di kelas, kita langsung di usir (yaiyalah -_- freak banget). Nggak semua dosen TMB mendapat label ‘tegas’, ada juga yang selow, tapi saking selow-nya kami jadi ngelunjak dan malah ngobrol, terus mainan laptop di belakang kelas (mahasiswa tidak tahu diri :|). Tetapi, justru dosen yang ‘tegas’-lah yang bisa bikin suasana kuliah jadi kondusif. Contoh dosen yang tegas tapi keren diantaranya:

a. Pak Desrial
Beliau ini merupakan Ketua Departemen TMB yang sangat disegani oleh kami. Pokoknya beliau selalu ngajar setiap mata kuliah yang ada hubungannya sama mesin. Selain ngajarnya asik, dia juga sering menanamkan softskill kepada anak didiknya. Beliau juga sangat peka terhadap attitude kami. Jadi kalo kita atttude-nya minus, langsung deh diceramahin. Keren deh Pak Des! :)

Pak Des :)
b. Profesor Kudang
Wah ini si Bapak dosen favorit saya nih. Gue takjub sama beliau karena beliau merupakan mualaf, tetapi saat S2, beliau langsung hafal Al-Qur’an (Subhanallah). Keahlian beliau adalah di bidang komputer sains. Beliau juga sangat tegas saat mengajar kami, dan kerennya lagi, beliau selalu mengaitkan setiap materi kuliah dengan Hukum Allah SWT, yaitu ayat-ayat Al-Qur’an juga Sunnah Rasulullah SAW. Keren! :3

c. Pak Solahudin
Hahaha boong kalo gue nggak pernah ketawa saat si Bapak ngajar. Beda dengan dosen pada umumnya yang hanya punya satu profesi, yaitu pengajar, Pak Solahudin memiliki keprofesian ganda, yaitu pengajar dan comic. Yoi coi, beliau sering ber-stand up comedy di selang waktu mengajar. Tema yang biasa dia ambil adalah pengalaman-pengalaman beliau di masa lalu. Wkwkwk kocak abis! :D

Pak Solahudin (kiri) dan Profesor Kudang (kanan) sedang kunjungan ke Jepang.

3. TMB ceweknya langka?
Berat mengatakan ini, tetapi tu benar adanya. Cewek-cewek dikelas TMB cuma sekitar 11 orang-an dari 119 orang-an (tepatnya gue lupa, hehehe). Keji sekali bukan?! Gue setiap hari harus melihat orang-orang yang ‘sejenis’ sama gue, sungguh kejam hidup ini. Makanya, anak TMB paling seneng kalo udah lewatin Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), soalnya cewek-cewek di sana melimpah dan indah-indah semua :3. Lucunya, kalo kami lagi kumpul angkatan, kalo ada yang ‘bening-bening’ lewat, semua kepala kita pada langsung nengok ke arah target dengan tatapan mupeng tingkat dewa, “Kami butuh wanita! :(“

4. TMB terkenal Anak-anaknya Kompak dan Rusuh
Kompak? TMB juaranya! Kami semua bisa kompak karena bimbingan dari kakak tingkat kami melalui rangkaian kegiatan SAPA Himateta, atau kalo bahasa kaliannya sih ospek-ospek gitu deh. Lo tau nggak berapa lama kami di-SAPA? 6 bulan coi! Dan lu tau kan anak Mesin ospeknya kayak gimana? Ya ‘agak keras’ gitu deh, tapi berkesan banget sampe seumur hidup. Rangkaiannya di mulai dari H-0, H-1, H-2, dan berakhir di Malam Inagurasi. Kapan lagi gue diomen-omelin di rumah tua tak berpenghuni dengan penerangan nyala lilin? Kapan lagi gue di suruh nyebrangin sungai yang deras dan penuh batu terjal? Kapan lagi gue di suruh menyelam di sawah berlumpur? Kapan lagi gue kebanjiran job manggung pas malam inagurasi? *gubrak!*. Justru itu semuanya lah yang membuat kami kompak. Sampai seluruh IPB mengakuinya.
'Mini Orches' lagi manggung di Malam Inagurasi B)

Lagi 'sedih-sedihan' ceritanya, hehe

We are the TMB!
Rusuh? Hmm ya mungkin saking kompaknya sampe-sampe jadi rusuh kali ya? Ya kami kan kalo kemana-mana pasti barengan, udah gitu mayoritas cowok lagi, berpotensi banget kan buat rusuh. Kerusuhan yang paling berkesan adalah saat Fateta Art Contest (FAC).

Karena TMB rusuh, tema A Night to Remember pun berganti menjadi A Nightmare to Remember, hihihi


Saat itu, gue beserta tim vokal grup TMB meraih juara 2 (sombong), dan TMB meraih Juara Umum. Tiap piala cabang seni yang kami peroleh, kami masukkan ke dalam tong sampah bertuliskan: “Tempat Piala TMB”. Saking banyak piala yang kami peroleh, sampe-sampe banyak piala yang patah gara-gara di tumpuk di tong sampah. Ini merupakan bentuk ungkapan bosan kami karena tiap tahun, TMB selalu juara umum FAC. Pas penyerahan piala, kami semua naik ke atas panggung dan menendang semua properti yang ada. Hahaha rusuuuuuh! Salah seorang petinggi panitia FAC pun naik ke panggung dan langsung berkata, “Saya kecewa! Saya tau kalian hebat, tapi tolong hargai dong kerja keras panitia. Makasih!”. Semua anak TMB terdiam, sampai seseorang yang menerima piala Juara Umun berkata, “Nggak apa-apa! Tetap semangat!”. Semua anak TMB pun kembali bersorak dengan gembira. Itu adalah pengalaman rusuh (read: bener-bener rusuh) gue yang pertama bersama TMB. Seru banget!

5. Fakta lainnya
Ternyata ada fakta unik setiap anak TMB selesai kuliah. Begitu anak TMB keluar kelas, kan ada anak Departemen lain tuh ya yang masuk kelas bekas kita. Ternyata mereka tuh langsung buka jendela lebar-lebar sambil mengeluh, “Bau keringet cowooook!!!”, bahkan ada yang sekadar hanya menaruh tas di kelas kemudian kembali keluar guna menghirup udara segar. Kampreeeeet!

Okelah, itulah sedikit fakta tentang TMB. Apa pun yang terjadi pada TMB, gue tetep cinta!

Ini jurusan ku, mana jurusanmu? :)

Komentar

Posting Komentar

Cieee udah selesai ya baca postingannya. Gimana? Ada yang mau disampein nggak? Tunggu apa lagi! Segera komen! :D

Postingan populer dari blog ini

Asal mula nama Holister

Ayo Rekaman di Kamarmu dan Jadilah Artis Soundcloud!

Techno-F 2012: Fateta Emang Bikin Bangga!