Fenomena Titip Absen




Titip absen atau TA. Bagi kalian yang udah jadi mahasiswa mungkin istilah ini udah nggak asing lagi, atau jangan-jangan ini udah jadi kebiasaan kalian lagi?! Yap, titip absen adalah kegiatan seseorang yang nyuruh temen sekelasnya buat nandatanganin daftar kehadirannya, sedangkan yang bersangkutan malah bolos dari kuliah dengan alasan yang kurang logis (males, pengen jalan sama pacarnya, ngacak-ngacak comberan, dll.)

Sistem absensi di perkuliahan tuh emang beda banget sama waktu SMA. Kalo waktu SMA kan, sang guru mengabsen murid-muridnya dengan cara nyebutin namanya satu-satu, terus yang merasa disebutin namanya langsung ngacung deh. Kalo diperkuliahan tuh, daftar absennya malah diedarin langsung ke mahasiswa, trus setiap mahasiswa tandatangan pada kolom namanya masing-masing. Dengan sistem yang longgar seperti ini, mahasiswa bisa saja berbuat curang dengan melakukan TA.

"Udah tau sistemnya longgar, trus kenapa harus tetep pake sistem absensi kayak gini?"

Kalo menurut gue sih, pihak perguruan tinggi tuh udah menganggap mahasiswa sebagai manusia dewasa, jadi udah tau sendirilah mana yang bener dan mana yang salah, mana yang boleh dilakukan dan mana yang nggak boleh dilakukan. Tetapi pada kenyataannya, masih ada aja mahasiswa yang kepribadiannya kayak bocah (read: ababil), yaitu mereka yang melakukan TA.

Pihak perguruan tinggi tentu nggak tinggal diam. Mereka membuat kebijakan berupa hukuman bagi para TA-ers (orang-orang yang melakukan TA) yang biasanya parah abis. Kalo di kampus gue sih, hukumannya tuh nggak boleh ikut ujian atau nilai mata kuliahnya langsung dikasih E *JLEB*. Apesnya lagi yang dapet hukuman tuh bukan cuma yang TA doang, orang yang TA-in juga bakalan dapet hukuman yang sama. Anjrit, ngeri banget kan?! Dengan dibuatnya kebijakan yang mengerikan ini, diharapkan mahasiswa jadi nggak berani buat melakukan TA.

TA juga merupakan salah satu tindakan korupsi loh, yaitu mengambil hak (jatah absen) yang seharusnya bukan miliknya. Aduh, katanya mahasiswa tuh “the agent of change”, tapi kok udah berani belajar korupsi. Mau jadi apa Indonesia kalo “the agent of change”-nya udah jadi calon-calon Gayus masa depan?!

Selain dosa, TA juga bisa merusak makna persahabatan loh. Coba perhatikan kasus ini:

A: “Coi, TA-in gue dong! Gue mau cabut nih. Gue mau ke salon rontokin bulu kaki gue.” (apa banget sih nih orang?!)
B: “Aduh sorry bos, gue nggak berani ah, ntar kalo ketawan gimana?”
A: “Yaelah, katanya lu temen gue. Nggak bakal ketawan kok. Ayolah, bantu temenmu ini!”
B: *bingung* *merasa nggak enak* “Hmm… yaudah deh.” *sedikit terpaksa*
A: “Nah gitu dong, itu baru temen gue” *nepok pundak si B* *kemudian menghilang*

Njir! Pertemanan macam apa ini?! Sampah banget kan?! Masa seorang temen tega mempertaruhkan masa depan temennya sendiri cuma buat kepentingannya sendiri?! Kalo emang lu temen yang baik, seharusnya lu nggak akan tega membuat temen lu beresiko untuk mendapat nilai E cuma gara-gara lu titip absen ke dia.

Oke, kesimpulannya TA tuh:
  1. Dosa
  2. Merusak citra mahasiswa sebagai manusia dewasa
  3. Melatih diri untuk melakukan korupsi
  4. Merusak arti persahabatan


Yap,  sekian dari gue, jadi gue harap jangan pernah terpikir di benak kalian untuk melakukan TA. Bagi kalian yang udah kebiasaan, coba tolong berhenti deh. Semua perbuatan pasti ada balesannya loh. Jangan sampe menyesal belakangan deh. Okeh?! 

Hidup Mahasiswa!!! ^-^

Komentar

  1. abang nya pernah TA kagak ??? meskipun itu sekali :)) hayoooo...

    BalasHapus
  2. saya hari senin kemarin TA loh *jujur*
    soalnya masih di Bogor, dan kampus saya di Jogja. Semoga Allah mengampuni dan memaafkan kesalahan saya. aamiin

    BalasHapus
  3. Tidak mau titip absen itu cermin pribadi yang jujur dan bertanggung jawab. :D

    BalasHapus
  4. sebelumnya, gw belum pernah TA
    pas gw minta TA, temen gue gak bisa
    yasudah gak ngabsen Y_Y

    BalasHapus
  5. dikampus ada peraturan, kosong 3x, tidak ada UAS
    itu alasan temen2 berani TA

    BalasHapus
  6. gue seumur-umur ngebolos ga oernah pake TA segala dong~~~ /bangga/

    BalasHapus
  7. Aaayik: Alhamdulillah belum pernah :p

    Hani: Amiiin. Smoga beliau diterima di sisiNya *loh

    Amir: SETUJU! *tos

    Nasihin: haha mending kayak gitu om

    Vaza: oh begitu toh, ya kalo bisa sih jgn sampe TA, hehe

    Data: Bagus om, lebih baik bolos secara terhormat

    BalasHapus
  8. aku pernah TA-in temen, eh ternyata ngabsennya dobel. satu tanda tangan, satunya lagi dipanggili satu persatu. pas ditanya siapa yg nanda tanganin, aku diem aja hehehe

    BalasHapus
  9. Kalo w sering banget TA ..
    Tapi harus liat liat dulu, mata kuliah apa yang mau pake trick itu ..
    soalnya ada beberapa dosen yang suka kurang kerjaan absen ulang mahasiswa nya ..

    BalasHapus
  10. Daripada titip abse, lebih keren dateng 5 menit sebelum pelajaran selesai, hanya untuk absen, hahaha

    BalasHapus
  11. Giuliana: dosen2 ane juga sering tuh yg kayak gitu..

    Kenni: Haha, boleh boleh (dicoba)

    BalasHapus
  12. bang bang, kalo lagi males gitu gimana? O.o benerbener maleeess banget? u,u

    BalasHapus
  13. RENE: Hmm... Masuk aja, tapi duduk di belakang sambil pasang headset dan twitteran :p
    Kalo ga ambil jatah aja (bolos secara terhormat)

    BalasHapus
  14. gue pernah TA, tapi karena kuliah bentrok sama praktikum :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Cieee udah selesai ya baca postingannya. Gimana? Ada yang mau disampein nggak? Tunggu apa lagi! Segera komen! :D

Postingan populer dari blog ini

Asal mula nama Holister

Ayo Rekaman di Kamarmu dan Jadilah Artis Soundcloud!

Techno-F 2012: Fateta Emang Bikin Bangga!