Seni Bercanda

Eh anjir gua nulis dari ulang lagi lantaran ke close app blognya sueeeeee. 

=======

Halo. Kembali lagi bersama postingan insomnia lainnya, masih dalam blog kesayangan kita semua: Jokes Will Survive.

Sesuai dengan nama blog ini, gua sebagai writternya pun sangat senang jokes/candaan/bercanda. Terbukti dari SD gua sudah tergabung dalam genk wahid tukang cengin/bercandain orang. Lanjut SMP, langsung terjun ke profesi solo tukang cengin (profesi apaan ini anjir?!). Begitu pun saat SMA, Kuliah, serta sampai saat ini.

Namun dahulu kala, lantaran ketidakmatangan usia, serta sempitnya wawasan, sering kali jokes yang terlontar malah menjadi hinaan/bullying. Lagi-lagi data membuktikan. Waktu SD sudah 6 orang gua nangisin akibat gua cengin, 3 pria dan 3 wanita. Lanjut SMP, gua beserta 2 pria hampir baku hantam akibat gua bercandain secara berlebihan.

Selain sisi gelap dari hobi gua bercanda tersebut, ada juga sisi positifnya lho. Yes, gua/kami jadi masuk top leaderboard kasta pergaulan. Biasanya kan yang menguasai tuh orang-orang yang kuat secara fisik (jagoan) dan/atau keluarganya kaya raya. Gua yang nggak ada duit serta lemah secara fisik ternyata bisa bersaing di leaderboard tersebut. Ya walaupun ke push juga sama sisi gua yang cerdas, tampan, dan berbakat (si bgst pede banget gua). 

Tibalah saat ini, dimana usia sudah lanjut (tapi kagak nikah-nikah), serta wawasan sudah cukup luas. Gua mulai menemukan seni dalam bercanda. Tersadar pula akan poin-poin apa saja yang harus dihindari dalam bercanda, terutama bercanda yang daily gitu seperti buat di tongkrongan, chit-chat di grup wa, pdkt, dsb. Konklusi tersebut juga sangat mirip dengan poin-poin yang beredar di internet. Kita coba uraikan yuk! 

1. Nyerang fisik
Body shamming, nyerang warna kulit, dsb. itu nggak banget sih. Sering banget nih jokes kayak gini masih beredar di sekitar gua. Asli cringe parah. Kayak kurang kreatif gitu eksplor candaannya. Kecuali emang udah sabahatan lama, dan sudah saling mengerti ya okelah. Ini kenal beberapa tahun, engagementnya kurang, langsung diserang fisik, itu hina si.

2. 100 % you, 0% me
Ada juga orang suka cengin orang-orang, cuma nggak mau cengin diri sendiri. Itu juga arogan si. Gua kalo pengen buat jokes yang "agak lumayan" tentang seseorang, pasti gua kadang jatohin diri gua juga biar balance. Agak membingungkan si poin ini, yaudah next aja.

3. Nyerang status
Mungkin bisa jenis pekerjaan, status kawin, jabatan, dsb. Kayak orang yang udah nikah bacot-bacotin orang yang jomblo tanpa konteks, itu juga kurang si. Gua juga kalo berhadapan dengan temen yang nganggur misalnya, pasti akan jaga banget jokes tentang pengangguran.

Anjir makin malem, makin aneh tulisannya. Sudah saatnya tidur. Mari maju secara finansial, serta maju secara pemikiran, MERDEKA! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal mula nama Holister

Ayo Rekaman di Kamarmu dan Jadilah Artis Soundcloud!

Techno-F 2012: Fateta Emang Bikin Bangga!