Saat Gue Bocah di Bulan Ramadhan

Beberapa waktu yang lalu, waktu gue Tarawih perdana di Delanggu, gue merasakan sesuatu yang janggal. Bukan lantaran shalat Tarawihnya 64 rakaat, bukan sama sekali. Ada sesuatu yang beda dari biasanya (yang namanya janggal ya beda dari biasanya kampret! -___-). Untungnya kejanggalan tersebut bernilai positif bagi gue. Jadi gini nih:

Sehabis shalat Isya, Imam yang kebetulan adalah pak Kades mengadakan semacam musyawarah bersama para jamaahnya. Di situ terjadi diskusi dengan bahasa Jawa yang gue sedikit nggak paham. Berikut ini lontaran diskusi yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Cibinong:

“Kita shalat Tarawih mau berapa rakaat nih? 11 atau 23? Dua-duanya punya dasar yang kuat lho!”
“SEBELAAAAAS!”

“Mau 4-4 atau 2-2?”
“DUA-DUAAAA!”

“Sambelnya di pisah nggaaaak?”
“SAMBEL? SERIUS WOY! NGAJAK BERANTEM LO?!” (ini bukan yaaaa -____-)

Sumpah kece banget itu. Bener-bener Imam yang demokratis. Beliau paham betul keadaan nenek kakek kita yang sudah lemah fisiknya, dan tidak mau memaksakan shalat dengan 23 rakaat. Bahkan, waktu khotbah, sang Khotib sempet ngecengin gue lantaran gue planga-plongo kagak ngerti sang Khotib ngomong apaan, soalnya beliau pake bahasa jawa coi. Suasananya baur banget.

Hal lain yang bikin gue salut adalah jamaah bocah-bocahnya. Waktu shalat dan khotbah, mereka bener-bener khusyu bro. Ya walau masih suka tengak-tengok, yang penting mereka nggak meresahkan. Jadi, waktu shalat tuh, yang ada cuma suara Imamnya sama suara jangkrik. Bener-bener bikin khusyuk. Betah deh jadinya.

Beda banget sama... daerah gue. If you know what i mean. Sampe-sampe ada notifikasi yang isinya: Harap anak-anak jangan berisik!. Oh kontradiksi banget kan?

Ngomong-ngomong soal Tarawih, gue jadi inget masa-masa suram gue dulu masih bocah. Gue dan temen-temen gue kalo masuk bulan Ramadhan rusuh banget. Berikut ini adalah contoh kerusuhan kami:

1. Guling-gulingan pada saat Tarawih
Main dorong-dorongan waktu shalat Tarawih mungkin udah biasa terjadi di kalangan anak-anak bangor. Tetapi, guling-gulingan pada saat Tarawih ini baru non-mainstream, ckck stres emang. Seperti biasanya, kalo minggu terakhir Ramadhan tuh pasti saf belakang kosong melompong. Hal ini malah dijadikan lahan bermain kami. Yap, ketika sujud, kami berguling ke arah kanan atau kiri. Saat duduk di antara 2 sujud, kami langsung duduk dengan wajah serius, tetapi sudah berpindah tempat dari tempat kami sujud tadi. Ketika sujud lagi, kami pun berguling lagi. Sungguh hina masa kecilku ini dek.

2. ‘Menyapa’ Imam
Sumpah kalo yang ini gue kagak ikut-ikutan, gue cuma jadi saksi doang. Pada suatu hari, Imam yang memimpin shalat Tarawih kami hobi banget melantunkan Surat yang panjang-panjang. Sebut saja Ust. Agus. Udah shalatnya 23 rakaat, suratnya panjang-panjang, dan melantunkannya juga lambat. Kondisi tersebut membuat teman gue geram. Emang dasar bocah stres, tiba-tiba tuh bocah nyeletuk, “Woy! Agus LAMA!”. Keji banget emang perbuatan temen gue ini. Astagfirullah... maafkan teman hamba-Mu ini ya Allah.

3. ‘Bakar” Pohon
Yang namanya Ramadhan pasti identik dengan petasan dan kembang api. Padahal, benda-benda tersebut sama sekali nggak menghasilkan pahala di bulan suci ini, yang ada malah meresahkan umat. Ya kayak kelakuan temen gue ini nih. Suatu malam, kami sedang pesta kembang api di depan warung. Orang mah kalo main kembang api tuh, dinyalain, dipantengin atau dibawa sambil lari-lari gitu. Lah ini malah dilempar ke puncak pohon kelapa. Alhasil, tuh pohon kelapa terbakar dan membuat heboh warga sekitar. Sang pemiliki warung pun murka dan segera menyiram pohon tersebut dengan seember air. Munkar banget dah temen gue ini.

4. Perang Sarung

sumber
Bulan Ramadhan seharusnya dijadikan momen untuk memperkuat tali silaturahim antar sesama manusia. Sialnya, hal tersebut belum diindahkan oleh gue dan temen-temen gue. Yap, seusai shalat Subuh berjamaah, kami langsung berangkat ke RT sebelah untuk menyelenggarakan perang sarung. Seronok banget emang. Bahkan, sarung kami telah dimodifikasi dengan tambahan jambu biji untuk menambah damage pada lawan. Tobatlah gue tobat!

Yaampun, keji banget ya kehidupan gue waktu bocah. Mohon untuk tidak meniru perkara-perkara di atas ya kawan. Kita jadiin pelajaran aja,  jangan sampai terulang kembali... (ya kali gue udah segede gini masih mau guling-gulingan di masjid? -____-)


Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan pemirsa Jokes Will Survive! :)

Komentar

Posting Komentar

Cieee udah selesai ya baca postingannya. Gimana? Ada yang mau disampein nggak? Tunggu apa lagi! Segera komen! :D

Postingan populer dari blog ini

Asal mula nama Holister

Ayo Rekaman di Kamarmu dan Jadilah Artis Soundcloud!

Techno-F 2012: Fateta Emang Bikin Bangga!