BLP dan IYR: Band Indonesia yang Elegan

"Ciee yang katanya musik Indonesia lagi maju-majunya gara-gara maraknya 'acara musik' di tipi-tipi"
"Ciee yang katanya musik Indonesia semakin berwarna gara-gara maraknya musisi pendatang baru yang monoton kemudian tiba-tiba tenggelam entah kemana"
"Ciee yang Angga yang band-nya bubar"
"Ciee..."

Beberapa tahun belakangan, acara musik emang mendadak marak menghiasi televisi kita. Sebagai pecandu musik, gue seharusnya girang banget dengan banyaknya acara musik tersebut. Sialnya, gue nggak jadi girang. Yaiyalah, masa acara musik isinya makhluk-makhluk gemulai yang joget-joget nggak jelas?! Sekalinya ada band, main musiknya pura-pura gitu alias lipsync. Aduh, mending gue nontonin iklan S*gar Sari Susu Soda dah biar tumpeh-tumpeh.

Sebagai orang ganteng, gue nggak terima aja yang katanya barometer musik Indonesia tapi isinya musik-musik yang "asal enak" dan monoton kayak gitu. Coba aja acara musik di Indonesia nampilin band-band kayak Barry Likumahuwa Project (BLP) dan Indonesian Youth Regeneration (IYR). Anjrit, dijamin tiap hari gue pantengin tuh tipi sampe mata gue beraer.

Barry Likumahuwa Project, band Jazz/Funk yang baru gue tahu beberapa waktu lalu dari temen gue. Sebuah band yang dikepalai oleh Barry Likumahuwa, basis yang permainannya terlalu dewa. Setelah mendengar dua albumnya: Goodspell dan Generasi Synergi, serta single-single yang mejeng di Soundcloud-nya, hidup gue berubah. Hidup gue yang sederhana berubah menjadi elegan setelah mendengar aransemennya doi yang berkelas. Sungguh menginspirasi gue.

Barry Likumahuwa Project

...
Suatu hari, gue pernah dijejelin video live performance-nya Indonesian Youth Regeneration. Gue pun langsung tercengang melihat permainan tiap personilnya yang skillful parah. Yap, IYR merupakan band Jazz/Pop yang personil-personilnya seumuran gue, bahkan lebih muda. Soal permainannya? Weisss... jauh melampaui makhluk-makhluk yang sering nongol di D*hsyat coi. Jauh banget. Banget. Bagaimana tidak? Tiap personil IYR sudah mempunyai prestasi dalam maupun luar negeri. Kece banget kan?! Coba liat deh video-video mereka di YouTube, apalagi yang perform di Java Jazz Festival 2013. Asli menginspirasi banget.

Indonesian Youth Regeneration
Oke, itulah dua band yang berhasil menginspirasi gue untuk tetap bermusik dengan kualitas. Sayang sekali band se-dewa mereka kurang terekspos media. Padahal, mereka bisa memberi inspirasi bagi masyarakat Indonesia, sehingga kualitas musik Indonesia bisa naik kasta. Gue yakin masih banyak banget band-band dewa lainnya yang tak terkena sorot cahaya di belantara Indonesia. Tetap berjuang kawan! Bawa musik Indonesia ke tahta yang lebih layak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal mula nama Holister

Ayo Rekaman di Kamarmu dan Jadilah Artis Soundcloud!

Techno-F 2012: Fateta Emang Bikin Bangga!